Media pembelajaran elektronik berbasis Android - KinderLearning


Dunia pendidikan telah mengalami perkembangan pesat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Sehingga metode pendidikan saat ini dirancang sedemikian rupa agar menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu dengan adanya sistem pembelajaran online atau e-learning. Dengan e-learning tentu akan mempersingkat waktu pembelajaran, membuat biaya studi lebih ekonomis dan mempermudah interaksi antara peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik lainnya. Dimana nantinya peserta didik mampu mengakses dan saling berbagi informasi mengenai bahan pembelajaran. 

Dengan adanya tugas Pengantar Teknologi Internet dan New Media ini, kami dari kelompok 2 akan membuat rancangan desain/ user interface sebuah e-learning berbasis android (mobile apps). e-learning ini kami namakan KinderLearning. Sasaran atau target dari aplikasi ini yaitu peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar (SD) dengan rentang usia antara 7-8 tahun.

Mata pelajaran yang akan kita masukkan kedalam e-learning ini yaitu Matematika. Peserta didik akan mempelajari konsep-konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sederhana dengan metode yang seru dan mudah dipahami. 

Peran saya dalam merancang KinderLearning ini yaitu membuat materi pembelajaran dan Level Quiz. Disini saya menggunakan visual gambar agar dapat menarik perhatian user serta agar lebih mudah memahami materi yang ada.


Pada bagian dibawah ini, merupakan level quiz pada KinderLearning. Dimana dalam 1 level quiz ini berisi beberapa soal tentang materi yang sudah diberikan pada 'Menu Belajar'. Dalam quiz ini terdapat banyak level, dan diantaranya banyak level yang masih terkunci. 
'Bagaimana cara membuka soal-soal yang masih terkunci?'
Cara untuk membuka soal yang masih terkunci yaitu user harus mengumpulkan Skor yang cukup sesuai standard skor level soal tersebut. Jika skor yang dimiliki user belum cukup, maka hal yang dapat dilakukan yaitu menuntaskan semua soal di level sebelumnya dengan jawaban yang benar. Semakin banyak soal yang terjawab dengan benar, maka akan semakin banyak juga skor yang didapatkan.



Jika soal yang masih terkunci di klik, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.



Kesimpulannya, semua metode yang ada pada KinderLearning tidak hanya menggunakan teks, melainkan unsur visual gambar agar lebih menarik dan materi yang disampaikan mudah dipahami oleh sasaran pengguna.
Sekian review peranan saya dalam merancang mobile apps ini, Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini!  Sampai jumpa di artikel selanjutnya~😃😄



Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Simak Perbedaan SQL dan NoSQL !

Profil Perusahaan GOJEK Indonesia

Mengenal Kebudayaan di Kalimantan Barat